Senin, 30 Agustus 2010

The Flying Dutchman (kapal hantu yang meneror 7 samudra)

Sejarah, Mitos, dan Legenda

catatan sejarah ternyata memuat banyak versi cerita dari Flying Dutchman. Salah satu yang tertua kisah mengenai para pelaut Belanda yang sangat ambisius dalam menaklukan lautan. Pada tahub 1500 - 1600, jauh sebelum Inggris memiliki armada laut yang kuat, Belanda di kenal sebagai penakluk lautan. Di sebutkan bahwa kapten Van Straaten adalah kapten yang telaten dan giat dalam mengarungi laut serta samudra, dan bersedia untuk mempertaruhkan segalanya untuk menjadi kapten terkuat. Namun karena keserakahan dan keangkuhannya maka Van Straaten di hukum oleh alam untuk hidup selamanya di atas kapal tanpa bisa berlabuh ke dermaga!!! Kabarnya kapal yang dinamainya The Flying Dutchman sering berkeliaran di daerah Cape of Good Hope di bagian selatan Afrika. dalam mitos setempat, kapal hantu Van Straaten dapat menularkan kutukan. Alhasil para nelayan dan pelaut di anjurkan untuk merubah haluanjika mereka berpapasan dengan The Flying Dutchman.

Lebih lanjut lagi pada tahun 1821 di temukan catatan tertulis pertama mengenai kisah The Flying Dutchman. Dalam salah satu edisi Blackwood's Magazine yang terbit bulan mei tahun tersebut, di ceritakan bahwa sebuah armada laut Belanda dikutuk karena telah menentang alam. Hendrick Van der Decken merupakan kapten dari armada itu. Cikal bakal terjadinya kutukan ini adalah ambisi  Hendrick Van der Decken untuk menyelesaikan  misi menemukan Cape of Good Hope. Namun sedikit berbeda dengan mitos tua The Flying Dutchman. Blackwood's Magazine menjabarkan lebih banyak detail mengenai perjalanan sang kapten. 7 tahun setelah  misi diberikan,  Hendrick Van der Decken belum juga menemukanCape of Good Hope. Walaupun paea awak kapal sudah merasa putus asa, namun karena sang kapten memiliki sifat yang tegas maka tidak seorangpun berani menentang keinginannya. SAmpai suatu malam  Hendrick Van der Decken menemukan letak Cape of Good Hope dengan teleskopnya. Namun untuk mencapainya maka ia harus melewati badai yang menghadang didepannya. karena kesal terpaksa  Hendrick Van der Decken mengumpat pada angin kencang yang menghadangnya.

Tidak lama setelah itu kapal kecil berpapasan dengan kapal  Hendrick Van der Decken, dan nelayan di kapal kecil itu memperingati sang kapten untuk tidak meneruskan perjalanan malam itu. Bukannya mematuhi atau setidaknya menghormati  saran si nelayan,  Hendrick Van der Decken malah kembali mengumpat bahwa ia lebih memilih dikutuk untuk berlayar selamanya sampai hari kiamat tiba dari pada harus mengalah dari alam. Seketika itu pula, betapun serasnya usaha  Hendrick Van der Decken namun ia bersama awaknya tidak pernah menemukan dermaga untuk berlabuh. Beberapa kisah lainnya mengatakan  Hendrick Van der Decken tidak dikutuk dan bahkan dia hampir bisa berlabuh. Tapi sayang semua awak kapalnya terkena wabah pes sehingga mereka tidak di perbolehkan untuk berlabuh karena takut akan menularkan penyakit itu pada penduduk kota. Karena tidak mendapatkan pertolongan, eluruh awak beserta sang kapten tewas dalam pelayarannya di tengah lautan.

Rasa sakit hati membuat mereka menjadi arwah penasaran yang terus mengarungi lautan dengan kapal hantunya. Versi lain mencatat bahwa terjadi pembunuhan sadis di kapal  Hendrick Van der Decken yang memakan korban seluruh penghuninya!!!

8 komentar:

  1. bleh tkeran link ga bro ?

    http://thementalrealm.blogspot.com/

    link bro udh sya psang d sna. thx.

    BalasHapus
  2. trima kasih jg brad. salam kenal

    BalasHapus
  3. ahhh.... ada tambahan tp lewat comment saja iah.
    konon juga Kapten kapal The Flying Dutchman (entah yang mana) mencintai seorang wanita yang telah menolongnya. dia hanya bisa bertemu wanita itu 7 tahun sekali tanpa bisa berlabuh. kisah cinta yang tragis.

    BalasHapus
  4. wess... seru2 nihh rtikelnya...
    tukaran link yuk gan ???terimakasih ...
    ditunggu kunjungan balik dan konfirmasinya ...

    BalasHapus
  5. wehhh...
    gw msh kurang puass..
    sbener nya mana crita yg asli..
    yg atas apa yg bawah. .

    gw tnggu crita yg bner" real . . .
    tq for you all..

    BalasHapus
  6. itu yg gambar diatas kapal apa benteng sih?

    BalasHapus
  7. bentuknya seperti apa kapalnya?

    BalasHapus
  8. kapalnya ya gitu ajh gan. kayak kapal. hhee... g ada yang tau bentuk kapal aslinya saya juga pengen liat penasaran

    BalasHapus